Persiapkan Diri Sebelum Masa Pensiun Tiba


Biasanya sebelum masa pensiun pemakaian uang menjadi tak terkendali maklumlah pada masa jaya itu uang serba ada sehingga mau beli apa aja bisa.

Namu jangan lupa masa pensiun akan tiba. Maksud Saya di sini jangan sampai sudah memasuki masa pensiun ANDA masih harus bekerja dengan penghasilan yang jauh di bawah pada masa ANDA masih punya jabatan di kantor. Ini kisah nyata Saya telah melihat Nya bagaimana dulu keluarga ini serba hidup bermewah-mewah namun mereka lupa mempersiapkan diri kalau-kalau masa pensiun tiba.

Tibalah masa pensiun sang Ayah harus tetap bekerja dengan penghasilan yang tidak seberapa dengan tanggungan hidup yang masih sama ketika pada waktu ia masih jaya. Terbayang nggak sisa-sisa kehidupan yang ada? Paling tidak mereka mau tak mau terpaksa menjalani hidup yang tidak semewah dulu. Tentu perubahan drastis seperti ini tidaklah mudah.

Ya inilah yang sudah lama Saya perkirakan. Mengapa mereka waktu jaya-jaya nya dulu tidak membuat berbagai macam usaha paling tidak belajar bagaimana membuat usaha yang bisa mendatangkan penghasilan meskipun cukup-cukup makan namun tiada putus-putus nya.

Si Bapak pensiunan dengan rasa optimis nya menceritakan masih dapat nya penghasilan sekian. Namun menurut perkiraan Saya penghasilan segitu sudahlah tidak mencukupi lagi dengan gaya hidup mewah lamanya yang masih tersisa semuanya menuntu pengeluaran yang tidak sedikit.

So ingatlah kawan yang jaya di waktu dinas punya jabatan di kantor persiapkan diri buat bisnis untuk persiapan di masa pensiun. Belajarlah bikin usaha pada waktu masih jaya pada waktu masih kuat jangan belajar bisnis setelah semua sudah tidak berdaya!
Related : Persiapkan Diri Sebelum Masa Pensiun Tiba.