Berbagi Manfaat Untuk Menyambung Hidup


Ini bisa jadi isu yang sangat sensitif. Bisa tergantung orang nya masing-masing lah ya. Saya harap Jangan ada dusta diantara kita ha..ha.

Pada awal-awal belajar jualan di Internet, ada tulisan yang mengajarkan berbagilah. Berbagi dengan apa yang ANDA ketahui dan berguna untuk orang banyak.

Kita uraikan lebih rinci lagi tentang berbagi. Saya bukan tidak percaya dengan kata banyak sedekah banyak rezeki. Banyak berbagi banyak mendapatkan sesuatu. Banyak berbagi dalam waktu yang lama (bertahun-tahun) itu sudah saya lakukan.

Namu kali ini kita membahas dari sisi lain. Tergantung niat, apakah ANDA ingin berbagi hanya untuk beramal dengan ikhlas dan TUHAN akan membalas? Trus pertanyaannya bagaimana jika kebutuhan ANDA belum terpenuhi tapi ANDA sudah banyak berbagi dalam waktu lama. Namun balasan tak kunjung datang menghampiri diri ANDA?

Ya yang namanya berbagi memang tidak sedikit waktu, tenaga dan pikiran yang harus dicurahkan untuk urusan berbagi ini. Apalagi semua kekuatan, pengetahuan dan pemikiran ANDA mau dikasih gratis cuma-cuma ya klo dalam hitungan bisnis ANDA tidak akan menghasilkan apa-apa.

Di sisi lain mungkin ANDA belajar bisnis, marketing, jualan. Dalam bisnis tentunya ada istilah WIN-WIN solution. Artinya KONSUMEN untung ANDA juga harus untung toh? Klo Saya sih lebih setuju dengan yang ini. Jangan nanti ANDA sudah mati-matian berbagi secara gratis dalam waktu yang lama (tahunan) tapi ANDA tidak mendapatkan apa-apa.

Orang yang faham dengan proses tukar menukar MANFAAT tentu tidak mau di kasih walaupun gratis. Beda jika orang yang mau nya gratis terus (mau minta tapi tidak mau memberi :orang kita kebanyakan seperti ini:red).

Ya semuanya Saya kembalikan lagi ke hati pembaca masing-masing. Jika ANDA sudah merasa kaya dan tidak butuh untung menyambung hidup karena semua sudah ada mungkin ANDA bisa jadi pemberi sedekah yang gratis 100%. Jika ANDA masih punya kebutuhan untuk menyambung hidup mungkin bisa fifti-fifti atau 30:70 (30% gratis 70% bayar).

Bagaimana di sana ada yang gratis kok di sini bayar?!!

Ya dari awal meengenal internet, propaganda GRATIS merupakan daya tarik dari Internet. Namun dibalik kata gratis itu enterpreneur Internet harus berusaha keras mencari sisi lain yang mendatangkan keuntungan untuk kelangsungan usaha nya.

Namun fakta yang yang sebenar nya adalah Internet bisa jadi solusi lebih MURAH bukan sepenuhnya gratis.

Ya Semuanya kita kembalikan kepada rezeki atau jodoh. Semuanya kan relatif. Selagi kita punya niah baik memberikan value dan manfaat mudah-mudahan hubungan kita dilanggengkan untuk saling memberi manfaat yang berguna bagi kehidupan bersama.
Related : Berbagi Manfaat Untuk Menyambung Hidup.